Cek iPhone Asli

Mungkin pertanyaan bagaimana cara cek iPhone asli atau palsu selalu keluar dari pengguna baru, bukan begitu?

Sejak pertama muncul, iPhone merupakan ponsel bergengsi high-end yang selalu diburu oleh orang-orang.

Selain dari desain yang simpel, kualitas pada ponsel iPhone ini memang tidak perlu diragukan lagi.

Dari dulu sampai sekarang, iPhone masih dinyatakan sebagai ponsel megah dan canggih.

Menakjubkan lagi, kebanyakan dari penggemar produk ini rela menunggu untuk mendapatkan iPhone keluaran terbaru.

Kehadiran produk tersebut sudah disambut oleh penggemar Apple, bahkan penggemar Apple di Indonesia rela membeli produk tersebut hingga luar negeri.

Jika ingin membeli iPhone baru atau bekas, kamu harus mengetahui bagaimana cara cek iPhone asli atau palsu. Hal ini perlu diketahui agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut cara cek iPhone asli atau palsu yang harus kamu ketahui.

1. Lihat Bahan Materialnya

cek iphone asli

Melihat target pasar kalangan atas yang dijadikan sebagai objek iPhone, sudah dipastikan material bahan yang digunakan untuk memproduksi produk ini mewah dan premium.

Hal ini bisa kita lihat dari penggunaan bahan iPhone 4 dan 5, kedua produk tersebut menggunakan bahan kaca dan logam yang dipadukan menjadi satu.

Bisa dibilang material bahan yang digunakan pada kedua produk tersebut kuat dan kokoh.

Berbeda dengan bahan material iPhone palsu, dapat dipastikan iPhone copy ini menggunakan bahan yang mudah rusak.

Jika teliti dalam menelaah sebuah produk, kamu akan melihat perbedaan yang mencolok dari iPhone asli dan palsu. Terlebih dari bahan material yang digunakannya.

Oleh karena itu, pertama kali yang dilihat ketika cek iPhone asli atau palsu adalah dari penggunaan bahan materialnya.

2. Tidak Ada Slot Memori Eksternal

cek iphone asli

Cara cek iPhone asli atau palsu bisa dilihat dari sistem penyimpanannya.

Untuk iPhone sendiri menggunakan sistem penyimpanan internal dan tidak ada slot untuk kartu SD Eksternal.

Sejak pertama kalinya iPhone dibuat, pihaknya tidak pernah menyematkan slot atau tempat untuk media penyimpanan eksternal.

Oleh karena itu, saat ini iPhone selalu mengeluarkan versi terbarunya dan menawarkan ruang media penyimpanan internal yang sangat besar, dimulai dari 32GB hingga 256 GB.

Terlebih iPhone sendiri mempunyai fitur iCloud, yang mana fungsi dari fitur tersebut bisa dijadikan sebagai media penyimpanan tambahan.

Jika kamu membeli iPhone dan mendapati slot untuk penyimpanan kartu SD eskternal, bisa dipastikan bahwa produk yang kamu beli itu palsu.

Dengan begitu, kamu bisa melaporkan atau komplain kepada penjual atas iPhone palsu yang mereka jual.

3. Lengkap dengan App Store

cek iphone asli

App Store merupakan aplikasi toko atau marketplace khusus iPhone atau perangkat iOS lainnya.

Di dalam App Store ini ada beragam jenis aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar oleh pengguna iPhone.

Mulai dari aplikasi game, music, Edit Video/Foto dan masih banyak aplikasi lainnya.

Oleh karena itu, setiap produk iOS yang dibuat, baik itu iPad, iPhone atau Mac itu pasti memiliki App Store.

Jika iPhone yang kamu gunakan tidak ada App Store atau ada namun tidak bisa dibuka, sudah dipastikan bahwa iPhone yang kamu miliki itu palsu.

Itulah kenapa pentingnya kita harus melakukan cek iPhone asli atau palsu sebelum membelinya, terlebih jika membelinya dalam kondisi bekas.

Bagian ini merupakan langkah mudah untuk mengetahui iPhone asli atau palsu, karena kamu hanya memeriksa bagian App Store-nya saja.

4. Harga Pasaran

cek iphone asli

Bagian ini merupakan cara cek iPhone asli atau palsu yang mudah dilakukan oleh semua orang.

Apa yang dimaksud dengan harga pasaran? Yaitu sebuah harga yang relatif ditawarkan ke pada target pasar.

Misal harga iPhone 7+ original iBox sebesar 4 hingga 5 juta, maka iPhone original lainnya akan mengikuti harga tersebut.

Kenapa demikian? Karena semua harga iPhone asli itu sudah dipukul rata sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Teorinya begini, Jika ingin membeli iPhone 7+ keadaan baru dan ternyata harga yang ditawarkan itu jauh lebih murah dari pasaran, bisa dipastikan bahwa produk tersebut bukan produk asli.

Walaupun jauh lebih murah, tapi kualitas yang digunakannya belum tentu sebagus iPhone 7+ original.

Tentunya kamu atau teman-teman lainnya menginginkan iPhone yang kualitasnya bagus dan tahan lama bukan?

Maka dari itu harus teliti dalam membeli iPhone, jangan sampai tertipu oleh penjual. Terkecuali kamu membelinya di iBox langsung yang sudah terjamin sistem keamanan, pelayanan dan kualitasnya.

5. Bisa Mengakses iTunes

cek iphone asli

Untuk mengetahui cara cek iPhone asli atau palsu adalah menggunakan iTunes, dengan aplikasi ini kamu bisa mengetahui iPhone yang digunakan itu asli atau palsu.

Kenapa harus menggunakan iTunes? Sebab aplikasi ini hanya bisa digunakan pada iPhone dan perangkat iOS lainnya yang kualitasnya original.

Bagaimana caranya? Apakah mudah? Tentu saja, kamu hanya menautkan smartphone tersebut dengan komputer atau laptop yang didalamnya terdapat aplikasi iTunes.

Lebih mudahnya lagi, silahkan cek iPhone ini di Mac atau iMac karena, kedua produk tersebut masih sama-sama buatan Apple yang didalamnya sudah dilengkapi oleh iTunes.

Seperti yang sudah diketahui, aplikasi ini berfungsi untuk memasukkan data-data yang ada di dalam iPhone.

Baik itu musik, video, foto dan data-data penting lainnya.

Apabila iTunes dapat memeriksa iPhone yang kamu hubungkan, sudah dipastikan iPhone tersebut merupakan produk asli buatan Apple.

Begitupun sebaliknya, jika aplikasi ini tidak bisa memeriksa seluruh data pada iPhone yang dihubungkannya, sudah dipastikan bahwa produk tersebut bukan dibuat oleh Apple, melainkan produk BM atau palsu.

Oleh karena itu, keberadaan iTunes ini sangat wajib diterapkan pada seluruh perangkat yang sistem oparsinya menggunakan iOS.

6. Perhatikan Bagian Layar

cek iphone asli

Mengetahui iPhone asli atau palsu itu bisa dilihat dari bagian layarnya.

Hal ini dikarenakan produk iPhone original itu menggunakan Retina display.

Teknologi ini hanya dimiliki oleh produk Apple saja, sehingga brand smartphone lainnya tidak mempunyai teknologi ini pada bagian layarnya.

Awal mula diperkenalkan teknologi ini pada iPhone 4, kala itu semua tipe iPhone langsung menggunakan layar ini untuk tampilannya.

Lantas, bagaimana cara cek iPhone asli pada bagian ini? Yaitu cukup melihat tampilan layarnya apakah jernih dan halus atau tidak.

Jika mendapati tampilan yang tidak jernih, resolusinya rendah, maka sudah dipastikan bahwa iPhone tersebut bukan produk asli buatan Apple.

7. Melakukan Screenshot

cek iphone asli

Walaupun cara ini bisa digunakan pada brand smartphone lainnya, bagian ini merupakan cara efektif untuk mengetahui produk tersebut asli atau palsu.

Dengan melakukan screenshot kamu akan mengetahui iPhone yang digunakan itu produk asli atau bukan.

Cara cek iPhone asli ini sangat mudah dilakukan oleh semua kalangan kerena, kamu hanya perlu menekan tombol lock dan homescreen secara bersamaan.

Jika sudah melakukan cara tersebut dan hasilnya bisa melakukan screenshot, sudah dipastikan iPhone tersebut merupakan produk asli yang dibuat langsung oleh perusahaan Apple.

Begitu juga sebaliknya. Jika gagal, maka iPhone yang kamu gunakan merupakan produk BM atau palsu.

8. Periksa Bagian Kamera

cek iphone asli

Menurut keterangan dari berbagai sumber, kamera iPhone asli itu bisa dirubah-rubah fitur berdering dan silent-nya.

Bagaimana cara cek iPhone asli dari bagian kamera? Mudah kok! Kamu hanya perlu mengambil gambar dan rubah mode bunyi menjadi hening, jika dalam mode hening masih terdapat suara ‘Cekrek’ ketika pemotretan, maka produk tersebut sudah dipastikan palsu.

Begitu juga sebaliknya, jika mode sunyi dan tidak ada bunyi suara ‘Cekrek’ maka produk iPhone yang kamu gunakan itu asli.

9. Mengetahui Waktu Rilis

cek iphone asli

Perlu diperhatikan, mengetahui kapan iPhone itu rilis merupakan bagian penting yang harus kamu ketahui ketika ingin membeli produk tersebut.

Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan Apple tidak akan memproduksi produk baru setelah produk tersebut rilis maksimal dua tahun.

Maka jika kamu membeli iPhone baru yang usianya jauh dari jangka waktu maksimal perilisannya, maka iPhone tersebut bukan produk asli dari Apple.

Sebagai contohnya seperti ini, jika ingin membeli iPhone 6s yang diproduksi pada tahun 2014 bulan September dan discontinue pada bulan Maret 2017.

Namun kamu ingin membelinya pada tahun 2019, maka iPhone tersebut merupakan produk palsu yang dirakit sedemikian rupa.

10. Periksa IMEI

cek iphone asli

Cara cek iPhone asli atau palsu yang ke sepuluh ini adalah periksa kesamaan IMEI yang ada pada sistem, dusbook dan fisik iPhone itu sendiri.

Jika seluruh IMEI iPhone yang ada pada sistem, dus dan fisiknya sama, bisa dipastikan bahwa produk tersebut merupakan iPhone asli yang dibuat oleh perusahaan Apple.

11. Cek Bagian Fitur iPhone

cek iphone asli

Perlu diketahui, semua tipe iPhone 5s ke atas sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint untuk membuka lock homescreen.

Jika kamu membeli iPhone 5s, 6/6s, 7/7+ namun tidak ada fitur tersebut, kami sarankan jangan membelinya. Hal ini dikarenakan iPhone tersebut bukan produk asli.

Di sisi lain, iPhone ini hanya mempunyai satu slot kartu SIM.

12. Cek Garansi iPhone

cek iphone original

Cara cek iPhone asli terakhir adalah lihat dari bagian garansinya. Jika kamu membelinya di iBox atau distributtor Apple, sudah dipastikan bahwa iPhone itu merupakan produk asli.

Tapi, jika kamu membelinya di konter biasa atau bukan bagian dari distributtor resmi, maka harus dipertanyakan kualitasnya asli atau tidak.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui keaslian produk tersebut dari memeriksa garansi pada situs resmi Apple.

Catatan Penting!:

  • Metode ini bisa kamu lakukan jika membeli iPhone bekas atau pada konter yang bukan dari bagian distributtor resmi.
  • Jika kamu membeli iPhone di official store, maka langkah ini tidak perlu kamu gunakan karena, produk tersebut sudah dipastikan sebagai iPhone asli.

Sekian informasi mengenai cara cek iPhone asli atau palsu, semoga bermanfaat dan mudah dipahami.

Tinggalkan komentar